Satukan Halawa
  • Beranda
  • Pelatihan
  • Struktur
  • Tugas
  • SKRIPSI
  • Biodata
  • Instruktur
  • Gallery
  • Laporan KP
Home » SH » Laporan KP Saya

Rabu, 18 Maret 2015

Laporan KP Saya


ABSTRAK




Perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang Teknologi Informasi yang semakin meningkat perkembangan dari tahun ke tahun. Komputer merupakan seperangkat alat atau mesin yang bekerja secara sistematis dan yang cepat dan tepat dengan kualitas yang sangat besar.
Metode yang dilakukan penulisan dan menyusun laporan Kerja Praktek ini adalah meneliti langsung dan melakukan Kerja Praktek dan studi pustaka yaitu mengumpulkan informasi dari buku-buku dan media internet yang menghubungkan dengan penelitian yang penulis lakukan.
Sistem ini dirancang mempunyai landasan yaitu menghindari terjadinya manipulasi dari data kehadiran dan terdampak pada prokdutifitas kerja di Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara, dalam pengolahan datanya setiap kehadiran para secretariat wajib menginput data kehadiran melalui aplikasi yang dirancang dengan Program Visual Basic 2008, sistem ini bermanfaat besar bagi keseluruhan yaitu pengaruh gaji hingga kenaikan jabatan di Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
KATA PENGANTAR




Puji dan syukur penulis ucapkan kepadan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia dan Rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan Kerja Praktek (KP) yang terlaksana mulai pada tanggal 27 Januari – 27 Februari 2014 di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Dengan judul Laporan Kerja Praktek “Perancangan Sistem Informasi Absensi Kepegawaian Pada  Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Menggunakan Visual Basic Net”.
Kerja praktek ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa STMIK BUDIDARMA MEDAN pada semester enam (VI) untuk memenuhi persyaratan penyusunan skripsi nantinya. Yang dilaksanakan di Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 27 Januari – 27 Februari 2014 dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan dari semua pihak yang bersangkutan terutama dari pihak Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara, sebagai tempat pelaksanaan kerja praktek. Tanpa bantuan dan bimbingan yang telah diberikan dari awal hingga akhir, tentunya penulis ini tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Untuk itu penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.      Bapak Maringan Sianturi, selaku Ketua Yayasan STMIK Budidarma Medan.
2.      Bapak Mesran, M.Kom, selaku Ketua STMIK Budidarma Medan.
3.      Bapak Sinar Sinurat, ST, M.Kom, selaku Ketua Prodi Teknik Informatika.
4.      Bapak Rivalry Kristianto Hondro, S.Kom, selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, masukan dan pengarahan dalam penulisan laporan ini.
5.      Bapak Deli Yanto, S.Kom, selaku pembimbing lapangan yang telah memotivasi dan mengarahkan dengan baik pelaksanaan kerja praktek. Para staf yang membantu penulis dalam penelitian untuk pengambilan data.
6.      Para dosen pengajar dan staf administrasi dilikungan STMIK Budidarma Medan, yang telah membekali berbagai pengetahuan sehingga penulis mampu menyelesaikan penulisan laporan Kerja Praktek.
7.      Tidak lupa untuk kedua orang tua tersayang yang telah menyamangati penulis agar tetap semangat.
8.      Semua pihak yang telah membantu penulis untuk terselesaikannya Kerja Praktek ini.



Penulis sadar laporan Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna dengan segala kekurangannya. Untuk itu harapan besar adanya kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan dari Laporan Kerja Praktek ini. Akhir kata semoga hasil laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                          Medan,      Mei 2014
                                                                                                        Penulis

                                                                                          SATUKAN HALAWA
                                                                                          NPM : 1111223
DAFTAR ISI



                                                                                                                    Halaman
ABSTRAK ...................................................................................................      i
KATA PENGANTAR ...............................................................................      ii
DAFTAR ISI ...............................................................................................      iii
DAFTAR GAMBAR...................................................................................      vii
DAFTAR TABEL ......................................................................................      viii

BAB I..... PENDAHULUAN.......................................................................      1
1.1.    Latar Belakang......................................................................      1
1.2.    Perumusan Masalah...............................................................      3
1.3.    Batasan Masalah....................................................................      3
1.4.    Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek.......................................      4
1.4.1. Tujuan Kerja Praktek..................................................      4
1.4.2. Manfaat Kerja Praktek................................................      4
1.5. Metode Penelitian...................................................................      4
1.6. Sistematika Penulisan.............................................................      5


BAB II. . GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN..................................      6
2.1. Sejarah Singkat Perusahaan....................................................      6
2.2. Visi dan Misi Perusahaan........................................................      8
2.2.1. Visi..............................................................................      8
2.2.2.  Misi............................................................................      8
2.3.   Arti Logo Perusahaan.............................................................      9
2.4.   Struktur Organisasi BPP Provsu.............................................      10
2.5.   Hak dan Wewenang...............................................................      11
2.5.1. Kepala Badan............................................................      11
2.5.2. Sekretaris....................................................................      12
2.5.3. Kepala Bidang Pemerintahan dan Masyarakata.........      13
2.5.4. Kepala Bidang Sosial Budaya....................................      14
2.5.5. Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan..............      15
2.5.6. Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Maritim......      16
2.6. ................................................................................................ Denah Lokasi Kantor BPP Provsu     ................................................................................................   18

BAB III.. LANDASAN TEORI..................................................................      19
3.1. Konsep Dasar Sistem Informasi.............................................      19
3.1.1.  Sistem........................................................................      19
3.1.2.  Informasi....................................................................      20
3.1.3.  Sistem Informasi........................................................      21
3.1.4.  Unsur-unsur Sistem Informasi...................................      22
3.1.5.  Karakteristik Sistem Informasi..................................      22
3.1.6.  Sistem Informasi Absensi..........................................      23
3.2. Sistem dan Perancangan Sistem.............................................      24
3.2.1.  Analisa Sistem...........................................................      24
3.2.2.  Perancangan Sistem...................................................      24
3.3. Alat Bantu Perancangan Sistem.............................................      25
3.3.1.  Flowchart...................................................................      25
3.3.2.  Pedoman Pembuatan Flowchart................................      26
3.3.3.  Flowchart Sistem.......................................................      26
3.3.4.  Spesifikasi Proses.......................................................      28
3.4.... Format Rancangan Input/Output.........................................      28
3.4.1.  Rancangan Input (Masukan)......................................      28
3.4.2.  Rancangan Output (Keluaran)...................................      29
3.5. Perancangan Sistem Database................................................      29
3.6. Model Database......................................................................      30
3.7. Langkah-langkah Perancangan Database...............................      31
3.8. Database Mysql......................................................................      31
3.9. Visual Basic Net 2008............................................................      32

BAB IV.. ANALISA DAN PEMBAHASAN.............................................      39
4.1. Analisa Sistem yang Sedang Berjalan....................................      39
4.2. Aplikasi yang Sedang Berjalan...............................................      39
4.3. Analisa Pengolahan Data Absensi Pegawai BPP Provsu.......      40
4.3.1.  Sistem Informasi Pengolahan Data Absensi yang
 Sedanga berjalan........................................................      41
4.4. Kelemahan dan Keuntungan Sistem Informasi Data Absensi..           44
4.4.1.  Kelemahan Sistem.....................................................      44
4.4.2.   Keuntungan Sistem...................................................      44
4.5.   Pengusulan Perancangan Sistem Informasi yang Baru...........      45
4.6.   Metode Perancangan Sistem Informasi Data yang Baru........      45
4.7.   Pemecahan Masalah................................................................      45
4.8.   Perancangan Database di BPP dengan Mysql........................      46
4.8.1.  DFD Pengolahan Data Absensi yang Sedang Berjalan         46
4.8.2.   DFD Pengolahan Data Absensi yang Sedang Berjalan         47
4.8.3.   Tampilan Database Mysql BPP Provsu.....................      48
4.9.   Perancangan Proses................................................................      49
4.10.   Perancangan Manu Utama Input Login...............................      50
4.10.1.  Masukkan NIP..........................................................      50
4.10.2.  Masukan Password...................................................      50
4.11.   Menu Utama.........................................................................      51
4.12.   Menu Utama Data Pegawai.................................................      52
4.12.1. Form Pengisian Data Absensi..................................      54
4.13.   Menu Form Input Data Absensi Pegawai............................      54
4.13.1. Form Pengisian Data Absensi...................................      56
4.14.   Laporan Data Kehadiran......................................................      56
4.15.   Laporan Data Jam Pulang Pegawai......................................      56

BAB V... PENUTUP....................................................................................      58
................ 5.1. Kesimpulan.............................................................................      58
................ 5.2. Kritik dan Saran......................................................................      58

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR



Gambar 2.1.... Logo Kantor BPP Provsu.......................................................   9
Gambar 2.2.... Struktur Organisasi BPP Provsu.............................................   10
Gambar 2.3.... Denah Lokasi Kantor BPP Provsu.........................................   18
Gambar 3.1.... Tampilan Visual Studio. Net 2008.........................................   35
Gambar 3.2.... Menu Project Baru..................................................................   35
Gambar 3.3.... Kotak Dialog Project Baru.....................................................   36
Gambar 3.4.... IDE Visual Studio. Net 2008.................................................   36
Gambar 3.5.... IDE Visual Studio. Net 2008.................................................   37
Gambar 4.1.... Konteks Diagram Pengolahan................................................   46
Gambar 4.2.... Konteks Diagram Pengolahan................................................   47
Gambar 4.3.... Flowchart Perancangan Menu Aplikasi..................................   49
Gambar 4.4.... Input Login.............................................................................   50
Gambar 4.5.... Menu Utama...........................................................................   51
Gambar 4.6.... Input Data Absensi.................................................................   52
Gambar 4.7.... Input Data Absensi.................................................................   54
Gambar 4.8.... Laporan Data Kehadiran........................................................   56
Gambar 4.9.... Laporan Data Jam Pulang Pegawai........................................   56
Gambar 4.10.. Flowchart Pengisian Data Absensi.........................................   57


DAFTAR TABEL



Tabel 3.1... Simbol Diagram Aliran Flowchart..............................................   27
Tabel 4.1... Flowmap Sistem Pengolahan Data Absensi BPP........................   43
Tabel 4.2... Data Absensi BPP Provsu...........................................................   48
BAB I
PENDAHULUAN




1.1              Latar Belakang Kerja Praktek


Kerja Praktek merupakan bagian kurikulum bagi setiap mahasiswa/i untuk program studi Teknik Informatika STMIK BUDIDARMA MEDAN. Salah satu cara untuk memenuhi tuntutan keilmuan dan keterampilan merupakan sebagai lembaga pendidikan seperti dalam bentuk perkuliahan yang dilengkapi dengan praktikum untuk mempraktekkan teori yang telah diperoleh. Mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman dan pengetahuan sebagai bekal sebelum memasuki sebuah dunia kerja.
Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provsu dalam masalah absensi pegawai belum Terkomputerisasi, maupun masih secara tertulis. Hal ini dapat dilihat ketika para pegawai mengisi lembar absensi yang sudah disediakan di ruangan Sekretaris. Absensi yang telah ada terkadang sering terjadi kesalahan dalam perhitungan akhir absensi pegawai entah berasal dari pegawai tersebut atau dari absennya itu sendiri hilang ataupun sobet. Apabila hal tersebut berlangsung secara terus menerus, dikhawatirkan akan membuat pegawai sering keluar dan tidak masuk kerja.
Sistem manual yang digunakan saat ini, memerlukan waktu yang lama dalam penyajian informasi. Oleh sebab itu maka diperlukan suatu sistem data absensi merupakan pola kebiasaan ketidakhadiran dari tugas atau kewajiban. Secara tradisional, ketidakhadiran telah dilihat sebagai indikator kinerja individu yang malas, serta pelanggaran kontrak implisit antara karyawan dan atasan, melainkan dilihat sebagai masalah manajemen, dan dibingkai dalam hal ekonomi atau kuasi-ekonomi.
Microsoft Visual Basic Net 2008 merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Application (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat mengunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic Net 2008, yang diikuti oleh C++, JavaScript dan Java.
NET yang awalnya disebut Next Generation Windows Services (NGWS) adalah suatu platform untuk membangun dan menjalankan generasi penerus aplikasi-aplikasi terdistribusi. Microsoft NET merupakan framework (kerangka) pengembangan yang menyediakan antar muka pemrograman baru untuk layanan Windows dan API (Application Programming Interface). Microsoft NET merupakan strategi Microsoft untuk menghubungkan sistem, informasi, dan alat (device), sehingga orang dapat berkomunikasi serta berkolaborasi dengan lebih efektif. Teknologi NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web Service Platform Microsoft.
Visual Basic NET 2008 (VB NET 2008) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi NET di Platform Microsoft NET. Tidak sepeti generasi sebelumnya Visual Basic versi 6.0  ke bawah yang lebih difokuskan untuk pengembangan apilkasi dekstop, Visual Basic NET  memungkinkan para pengembang membangun bermacam aplikasi, baik dekstop maupun aplikasi web. Seiring dengan perkembangan aplikasi perangkat lunak yang semakin kompleks, saat ini Visual Basic NET 2008  memasuki versi kelima (Visual Basic 2008).
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mencoba menyusun laporan kerja praktek ini dengan judul “ Perancangan Sistem Informasi Absensi Kepegawaian di Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Menggunakan Visual Basic Net 2008”. Dengan harapan sistem absensi kepegawaian dirancang dapat diterapkan di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan sehingga dapat membantu kerja pegawai.


1.2              Perumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang uraian diatas, maka penulis mencoba merumuskan masalah yang akan dibahas yaitu :
1.             Bagaimana cara merancang sistem informasi absensi kepegawaian di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara?
2.             Bagaimana Input dan Output dari sistem informasi data absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara?
3.             Bagaimana menyajikan sistem informasi absensi secara efektif dan efesien?


1.3              Batasan Masalah


Isi laporan kerja praktek ini dibatasi khusus untuk membahas mengenai :
1.             Sistem Informasi hanya membahas Data Absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
2.             Perangcangan Aplikasi menggunakan Microsoft Visual Basic Net 2008.
3.             Database yang digunakan mysql.
4.             Sistem operasi digunakan Windows 7.






1.4              Tujuan Dan Manfaat Kerja Praktek

1.4.1.      Tujuan Kerja Praktek


Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.             Meminimalkan kesalahan dalam pencatatan data absensi.
2.             Meningkatkan disiplin kerja pegawai dalam hal absensi.
3.             Membantu dalam perhitungan jumlah jam kerja pegawai.
4.             Menyajikan data-data absensi pegawai secara akurat dan periodik.
5.             Mengembangkan mental dan budaya kerja.
6.             Memahami cara kerja yang dilakukan orang lain.
7.             Dengan melakukan kerja praktek mahasiswa mendapatkan gambaran umum mengenai dunia kerja, mampu mempersiapkan diri ketika mahasiswa telah lulus dan masuk ke dunia kerja.


1.4.2.      Manfaat Kerja Praktek


1.             Agar sistem yang dipengaruhi kinerja pegawai pada Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan.
2.             Dengan menggunakan sistem operasi diharapkan lebih cepat mengerjakan laporan data absensi pegawai di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan.
3.             Dengan menggunakan database mysql data absensi dapat dijaga dengan keakuratannnya.
4.             Dengan menggunakan sistem operasi XP meringankan kerja pegawai.


1.5              Metode Penelitian


a.              Field Study (Penelitian Lapangan)
Pada penelitian ini penulis langsung riset lapangan untuk mengetahui secara jelas dan perinci masalah yang sedang dihadapi serta menghasilkan data-data yang diperlukan.
b.             Library  Study (Penelitian Perpustakaan)
Dimana penulis berusaha mengumpulkan data-data untuk membuat laporan kerja praktek ini dengan membaca buku-buku petunjuk, teknis penulisan data di Badan Penelitian dan Pengembangan. Serta melihat beberapa contoh-contoh pengolahan data.
c.              Interview (Wawancara)
Jenis penelitian ini dilakukan dengan cara bertanya pada seorang bernama Dedy Setiawan yang dibidang absensi kepegawaian Badan Penelitian dan Pengembangan.



1.6              Sistematika Penulisan


Sistematika penulis laporan kerja praktek yang penulis susun ini terdiri dari lima Bab, dimana antara bab satu dengan bab lainnya merupakan satu kesatuan. Sistematika in merupakan gambaran menyeluruh dari format dan kosep laporan yang dibuat. Agar penulisan laporan ini mudah dimengerti dan terstruktur yang baik. Sistematika penulisan tersebut adalah sebagai berikut :
BAB I        : PENDAHULUAN
                     Dalam bab ini penulis menjelaskan tentang latar belakang kerja praktek, tujuan praktek, waktu dan tempat pelaksanaan kerja praktek, serta sistematika laporan kerja praktek.
BAB II       : GAMBARAN UMUM BADAN PENELITIAN DAN
                     PENGEMBANGAN
Bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat Badan Penelitian dan Pengembangan. Struktur organisasi pengurus, dan lokasi kantor Badan Penelitian dan Pengembangan.

BAB III     : LANDASAN TEORI
                     Bab ini menjelaskan tentang landasan teori dari beberapa para ahli dari judul kerja praktek yang penulis paparkan, guna tercapainya pengertian dan tujuan yang tepat. Pendapat-pendapat dari para ahli akan penulis sesuaikan maksud dan tujuan dari pengangkatan judul kerja praktek ini dengan system yang ditawarkan.
BAB IV     : ANALISA DAN PEMBAHASAN
                     Bab ini akan membahas system yang akan ditawarkan oleh penulis, memaparkan pengguna dan cara menggunakan system tersebut.
BAB V       : KESIMPULAN DAN SARAN
                     Dalam bab ini penulis mencoba menuangkan segala unek-unek dihati dan mengungkapkan kesimpulan dan memohon saran bagi para pembaca, guna pengembang dari system yang dibuat.
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN




2.1              Sejarah Singkat Berdirinya Badan Penelitian dan Pengembangan


Peralihan sistem Pemerintahan yang sentralistik kepada sistem pemerintahan yang otonom telah memberikan banyak kesempatan dan peluang kepada Pemerintah Daerah dalam menentukan berbagai kebijakan sesuai kewenangan yang diembannya. Pemerintah Daerah diharapkan akan mampu merumuskan berbagai kebijakan untuk melakukan berbagai terobosan dalam upaya memajukan daerahnya antara lain dengan melakukan identifikasi potensi sumber-sumber daya yang dimiliki serta memanfaatkannya secara efesien dan efektif guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerahnya.
Otonomi Daerah telah diterapkan sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah sejak 1 Januari 2001, kemudian lebih jelas lagi diperbaharui dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah ditandai dengan adanya pendelegasian berbagai kewenangan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah bagi penyelenggaraan berbagai urusan Pemerintahan dan pembangunan. Salah satu kebijakan yang didelegasikan itu adalah yang berkaitan dengan kegiatan penelitian dan pengembangan, yang secara khusus Undang-Undang No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek, khususnya pada pasal 20 yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah berfungsi menumbuh kembangkan motivasi, memberikan sitimulasi dan fasilitas, serta menciptakan iklim yang kondusif bagi bagi pertumbuhan serta sinergi unsur kelembagaan, sumber daya dan jaringan iilmu pengetahuan dan teknologi di wilayah pemerintahannya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sistem nasional penelitian, pengembangan dan penerapan Iptek.
Menyikapi perkembangan tersebut maka Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah membentuk Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara yang diharapkan akan dapat eksis bergerak dibidang penelitian dan pengembangan. Dengan adanya lembaga ini, diharapkan Pemprovsu akan dapat merumuskan berbagai priorotas serta kerangka kebijakan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta Iptek.
Pada awalnya Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara yang dulunya disingkat dengan istilah Balitbang Provsu dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2001 tanggal 20 Juli 2001 tentang Lembaga Teknis Daerah Provinsi Sumatera Utara, dan Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor : 611.1434.K/Tahun 2002,  tanggal 18 Juni 2002 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Namun secara efektif Balitbang Provsu  melakukan tugas operasionalnya pada bulan Agustus 2002 yang disebabkan adanya pengisian jabatan struktural yang baru terlaksana pada bulan Juli 2002.
Mengingat pentingnya pelaksanaan penelitian dan pengembangan dalam perumusan kebijakan Pembangunan Daerah, dan memahami terhadap isu-isu strategis yang terus berkembang sejalan dengan reformasi dan otonomi daerah yang telah berdampak pada perubahan dan dinamika tatanan sosial, ekonomi dan politik, maka keberadaan dan fungsi penelitian dan pengembangan sangat diperlukan terutama dalam segenap penyelenggaraan fungsi pemerintahan di daerah.
Untuk itu sejalan dengan perkembangannya Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara yang sangar disingkat dengan istilah BPP masih terus memberikan eksistensi dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara berdasarkan Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Provinsi Sumatera Utara, dan Peraturan Gubernur Sumatera Utara No. 60 Tahun 2011 tentang Tugas, Fungsi dan Uraian Tugas Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
Selain itu dalam rangka pengembangan kapasitas kelitbangan dan menuju terwujudnya kreatifitas inovasi dan daya saing daerah Provinsi Sumatera Utara, maka BPP secara teknis dalam operasional pelaksanaan kegiatannya telah diatur dalam Peraturan Gubernur Sumatera Utara No. 34 Tahun 2012 tentang Pedoman Kelitbangan dan Inovasi Daerah Dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Dengan keberadaan BPP sekarang ini maka diharapkan akan mampu menjalankan dan meningkatkan perannya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang melaksanakan, mengkoordinasikan, dan memfasilitasi seluruh kegiatan penelitian dan pengembangan di daerah, serta sebagai think tank dalam mengkritisi berbagai permasalahan yang berkembang untuk selanjutnya merumuskan berbagai kebijakan strategik ke depan, menjadi lembaga profesional yang berbasis kompetensi akademis dan mampu melakukan interaksi dan kerjasama dengan berbagai pihak pemerintah dan non pemerintah.


2.2              Visi dan Misi Badan Penelitian dan Pengembangan

2.2.1        Visi

“Hasil penelitian dan pengembangan menjadi dasar kebijakan  pembangunan daerah”.


2.2.2        Misi    

 
1. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur dan peneliti.
2. Menjadi hasil penelitian dan pengembangan sebagai dasar kebijakan
     pembangunan daerah yang sifatnya akurat, valid dan dapat dipertanggungjawabkan.
3. Menyebarluaskan hasil penelitian dan pengembangan kepada pemangku kepentingan.
4. Menjadikan badan penelitian dan pengembangan sebagai sentral
     informasi dan pusat database hasil-hasil penelitian dan pengembangan di Sumatera Utara.


2.3              Arti Logo Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara

arti lambang,lambang provinsi ,logo provinsi sumatera utara,gambar lambang,arti lambang aceh,
Gambar 2.1 Logo Kantor BPP Provsu
Sumber : http://www.allaboutlogo.com/2011/08/makna-dan-arti- lambang-provinsi-sumatra.html

Logo BPP mempunyai makna dan arti sebagai berikut :
1.      Kepalan tangan yang diacungkan ke atas dengan menggenggam rantai beserta perisainya, adalah lambang kebulatan tekad perjuangan rakyat Provinsi Sumatera Utara melawan imperialisme, kolonialisme, feodalisme dan komunisme.
2.      Batang bersudut lima, perisai dan rantai, melambangkan kesatuan masyarakat di dalam membela dan mempertahankan Pancasila.
3.      Pabrik, pelabuhan, pohon karet, pohon sawit, daun tembakau, ikan, daun padi dan tulisan “SUMATERA UTARA”, melambangkan daerah yang indah permai, mashur dengan kekakayaan alamnya yang berlimpah-limpah.
4.      Tujuh belas, kuntum kapas, delapan sudut sarang laba-laba dan empat puluh lima butir padi menggambarkan tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan RI.
5.      Tongkat di bawah kepalan tangan, melambangkan watak kebudayaan yang mencerminkan kebesaran bangsa, patriotisme, pencinta dan pembela keadilan.
6.      Bukit barisan yang berpuncak lima, melambangkan tata kemasyarakatan yang berkepribadian luhur, bersemangat persatuan, kegotong-royongan yang dinamis.
7.      Motto Daerah , adalah Tekun Berkarya, Hidup Sejahtera, Mulia Berbudaya.


2.4       STRUKTUR ORGANISASI BPP PROVINSI SUMATERA UTARA 

Organisasi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara, terdiri dari : 
1. Kepala Badan  
2. Sekretariat, terdiri dari : 
a.  Kasubbag. Umum. 
b.  Kasubbag. Keuangan. 
c.  Kasubbag. Program. 
3. Kelompok Fungsional Peneliti. 
4. Kabid. Pemerintahan dan Kemasyarakatan, terdiri dari : 
a.  Kasubbid. Pemerintahan dan Politik. 
b.  Kasubbid. Pelayanan dan Kebijakan Publik. 
5. Kabid. Sosial dan Budaya, terdiri dari : 
a.  Kasubbid. Sosial dan Sumber Daya Manusia.  
b.  Kasubbid. Pengembangan dan IPTEK. 
6. Kabid. Ekonomi dan Pembangunan, terdiri dari : 
a.  Kasubbid. Perekonomian dan Keuangan Daerah. 
b.  Kasubbid. Fisik Prasarana dan Lingkungan Hidup. 
7. Kabid. Sumber Daya Alam dan Maritim, terdiri dari : 
a.  Kasubbid. Energi dan Sumber Daya Mineral. 
b.  Kasubbid. Pertanian, Kehutanan dan Maritim. 
8. Unit Pelaksana Teknis.
2.5              Hak dan Wewenang

2.5.1        Kepala Badan

a.         Menyelenggarakan pembinaan pegawai dilingkungan badan.
b.        Menyelenggrakan arahan, bimbingan kepada penjabat struktural pada badan.
c.         Menyelenggarakan instruksi pelaksanaan tugas badan.
d.        Menyelenggarakan penyusunan program badan.
e.         Menyelenggarakan perumusan kebijakan teknis peneliti dan pengembangan dibidang pemerintahan kemasyarakatan, sosial budaya, ekonomi dan pembangunan, sumber daya alam dan maritim.
f.         Menyelenggarakan penyusunan dan penyempurnaan standar, norma dan kriteria dibidang penelitian dan pengembangan.
g.        Menyelenggarakan kerjasama jaringan penelitian dan pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
h.        Menyelenggarakan pemberian rekomendasi dan izin penelitian dibidang pemerintahan dan kemasyarakatan, sosial budaya, ekonomi dan pembangunan dan SDA dan maritim.
i.        Menyelenggarakan koordinasi dan fasilitasi penelitian dan pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
j.          Menyelenggarakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
k.        Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai tugas dan fungsinya.
l.          Menyelenggarakan pemberian masukan yang perlu kepada Gubernur bidang tugas dan fungsinya.
m.      Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur dan Sekretaris Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
n.        Menyelenggarakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Gubernur sesuai standar yang ditetapkan.



2.5.2        Sekretaris

a.         Menyelenggarakan Pengkoordinasikan rencana program kerja sekretariat dan bidang-bidang.
b.        Menyelenggarakan pengkajian dan koordinasi perancanaan dan program badan.
c.         Menyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan.
d.        Menyelenggarakan penyusuan dan penyempurnaan standar, norma dan kriteria dibidang kesekretariatan.
e.         Menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja.
f.         Menyelenggarakan pegendalian administrasi anggaran belanja.
g.        Menyelenggarakan pengolahan dan pembinaan administrasi keuangan dan penanganan tindak lanjut hasil pemeriksaan.
h.        Menyelenggarakan penyusunan rencana strategis, LAKIP LKPJ dan LPPD badan.
i.          Menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan.
j.          Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan naskah dinas, kearsipan, pertelekomunikasian dan persandian.
k.        Menyelenggarakan fasilitas pelayanan umum dan pelayanan minimal.
l.          Menyelenggarakan pengadaan, pemeliharaan, penataan, pembinaan dan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan/peralatan kantor.
m.      Menyelenggarakan penyusunan bahan rancangan pendokumentasikan peraturan perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, keprotokolan dan hubungan masyarakat.
n.        Menyelenggarakan fasilitas dan pengaturan keamanan kantor.
o.        Menyelenggarakan pengkoordinasian dan pembinaan jabatan fungsional.
p.        Menyelenggarakan pengkoordinasian, pelaporan, evaluasi, monitoring atas kegiatan bidang-bidang lingkup badan.
q.        Menyelenggarakan telahaan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
r.          Menyelenggarakan pengkoordinasian dengan unit kerja terkait.
s.         Menyelenggarakan dan mengatur rapat-rapat internal badan.

2.5.3         Kepala Bidang Pemerintahan dan Masyarakatan

a.         Menyelenggarakan pembagian tugas bidang pemeritahan dan kemasyarakatan kepada Kasubbid. Pemerintahan dan Politik, Kasubbid. Pelayanan dan Kebijakan Publik dan Penetapan kinerja sesuai tugasnya.
b.        Menyelenggarakan analisis dan evaluasi dalam rangka penyempurnaan dan penyusunan standar pelaksanaan penelitian dan pengembangan dibidang pemerintahan dan kemasyarakatan.
c.         Menyelenggarakan penyusunan rencana penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
d.        Menyelenggarakan pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dan kemasyaraktan dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
e.         Menyelenggarakan pengkoordinasian pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
f.         Menyelenggarakan pelaksanaan kerjasama dan fasilitas pelaksanaan penelitian dan pengembangan di  bidang pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai ketentuan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
g.        Menyelenggarakan pelaksanaan evaluasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai ketentuan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
h.        Meneyelenggarakan pelaksanaan sosialisasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dan pengemabangan sesuai ketentuan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
i.          Menyelenggarakan penyajian rekomendasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai ketentuan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
j.          Menyelenggarakan koordinasi dengan unit-unit dilingkungan badan dan instansi terkait dan stakeholder perencanaan, kegiatan, evaluasi, sosialisasi, dan diseminasi pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
k.        Menyelenggarakan evaluasi laporan dan pelaksanaan tugas kepala sub bidang dilingkungan pemerintahan dan kemasyarakatan.
l.          Menyelenggarakan penyusunan bahan telahaan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
m.      Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan kepada badan, sesuai tugas dan fungsinya.
n.        Menyelenggarakan pemberian masukan yang perlu kepada kepala badan sesuai bidang tugas dan fungsinya.
o.        Menyelenggarakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada kepalan badan sesuai standar yang ditetapkan.

2.5.4        Kepala Bidang Sosial Budaya

a.         Menyelenggarakan pembagian tugas bidang sosial budaya kepada Kasubbid. Sosial dan SDM, Kasubbid. Pengembangan Budaya dan Iptek dan penetapan kinerja sesuai tugasnya.
b.        Menyelenggarakan analisis dan evaluasi dalam rangka penyempurnaan dan penyusunan standar pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan SDM serta budaya dan Iptek.
c.         Menyelenggarakan penyusunan rencana penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan SDM, pengembangan budaya dan Iptek sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
d.        Menyelenggarakan pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan SDM, pengembangan budaya dan Iptek sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan..
e.         Menyelenggarakan pengkoordinasian pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan SDM, pengembangan budaya dan Iptek sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
f.         Menyelenggarakan pelaksanaan kerjasama dan fasilitas pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan SDM, pengembangan budaya dan Iptek sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
g.        Menyelenggarakan evaluasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan SDM, pengembangan budaya dan Iptek sesuai ketentuan peraturan dan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
h.        Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan Kepala Badan, sesuai bidang tugas dan fungsinya.
i.          Menyelenggarakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Badan sesuai bidang tugas dan fungsinya.
j.          Menyelenggarakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan sesuai standar yang ditetapkan.


2.5.5         Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan
a.         Menyelenggarakan pembagian tugas bidang ekonomi dan pembangunan kepada Kasubbid. Dan penetapan kinerja sesuai tugas dan fungsinya.
b.        Menyelenggarakan analisis dan evaluasi dalam rangka penyempurnaan dan penyusuan standar pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan.
c.         Menyelenggarakan penyusunan rencana penelitian dan pengembangan di bidang fisik prasarana, lingkungan hidup, industri, perdagangan, UKM, keuangan daerah dan TTG sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapka.
d.        Menyelenggarakan pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang fisik prasarana, lingkungan hidup, industri, perdagangan, UKM, keuangan daerah dan TTG sesuai ketentuan peratuaran perundang-undangan dan standar yang ditetapka.
e.         Menyelenggarakan pengkoordinasian pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang fisik prasarana, lingkungan hidup, industri, perdagangan, UKM, keuangan daerah dan TTG sesuai ketentuan peratuaran perundang-undangan dan standar yang ditetapka.
f.         Menyelenggarakan pelaksanaan kerjasama dan pengembangan di bidang fisik prasarana, lingkungan hidup, industri, perdagangan, UKM, keuangan daerah dan TTG sesuai ketentuan peratuaran perundang-undangan dan standar yang ditetapka.
g.        Menyelenggarakan pelaksanaan evaluasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang fisik prasarana, lingkungan hidup, industri, perdagangan, UKM, keuangan daerah dan TTG sesuai ketentuan peratuaran perundang-undangan dan standar yang ditetapka.
h.        Menyelenggarakan pelaksanaan sosialisasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang fisik prasarana, lingkungan hidup, industri, perdagangan, UKM, keuangan daerah dan TTG sesuai ketentuan peratuaran perundang-undangan dan standar yang ditetapka.
i.          Menyelenggarakan penyusunan bahan telahaan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
j.          Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan Kepala Badan, sesuai bidang tugas dan fungsinya.
k.        Menyelenggarakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan sesuai standar yang ditetapkan.
l.          Menyelenggarakan pemberian masukan yang perlu Kepala Badan sesuai bidang tugas dan fungsinya.

2.5.6         Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Maritim
a.         Menyelenggarakan pembagian tugas bidang SDA dan Maritim kepada Kasubbid. Dan penetapan kinerja sesuai tugas dan fungsinya.
b.      Menyelenggarakan analisis dan evaluasi dalam rangka penyempurnaan dan penyusunan standar pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral.
c.         Menyelenggarakan penyusunan rencana penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral, pertanian, kehutanan dan maritim sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
d.        Menyelenggarakan pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral, pertanian, kehutanan dan maritim sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
e.         Menyelenggarakan pengkoordinasian pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral, pertanian, kehutanan dan maritim sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
f.       Menyelenggarakan pelaksanaan kerjasama dan fasilitas pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral, pertanian, kehutanan dan maritim sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
g.        Menyelenggarakan pelaksanaan evaluasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral, pertanian, kehutanan dan maritim sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
h.        Menyelenggarakan pelaksanaan sosialisasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral, pertanian, kehutanan dan maritim sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan.
i.          Menyelenggarakan penyusunan bahan telahaan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.
j.          Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan Kepala Badan, sesuai bidang tugas dan fungsinya.
k.        Menyelenggarakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Badan sesuai standar yang ditetapkan.
l.          Menyelenggarakan pemberian masukan yang perlu kepada Kepal Badan sesuai bidang tugas dan fungsinya.








2.6       Denah Lokasi Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara







 
























 



Jl. Sisingamangaraja

Gambar 2.3 Denah Lokasi Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara
BAB III
LANDASAN TEORI




3.1       Konsep Dasar Sistem Informasi


Dalam era globalisasi dan semakin meningkatnya system informasi perkembangan teknologi dan semakin jauhnya spesialisasi dalam perusahaan serta semakin banyaknyaperusahaan-perusahaan yang menjadi besar, sehingga hampir semua perusahaan sudah dan mungkin wajib menggunakan sistem, baik sistem yang sifatnya manual maupun yang sifatnya sudah terkomputerisasi. Dengan demikian tidak heran kalau sistem itu sendiri banyak dipelajari dan analisasi. Sistem secara umum dapat didefenisikan sebagai suatu totalisasi himpunan bagian yang satu sama lain saling berhubungan sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.



3.1.1    Sistem


Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dari bahasa yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energy. Istilah ini dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi dimana suatu model matematika sering kali dibuat.
Davis (2003:1) dalam bukunya Management Information System mengatakan sistem dapat bersifat abstrak dan fisik. Secara abstrak dapat dijelaskan bahwa system berupa susunan konsepsi yang paling bergantung. Sedangkan secara fisik system dapat diartikan sebagai serangkaian unsur yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Sistem merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta  memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti Negara, Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu Negara, diaman yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada di Negara tersebut.
Kata “Sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, banyak bidang sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum sebuah system adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.



3.1.2    Informasi


Informasi merupakan komponen yang sangat penting suatu organisasi. Sistem yang kurang mendapatkan informasi maka menjadi sistem yang lemah dan akhirnya berakhir.
Informasi adalah data yang telah diproses atau pun data yang memiliki arti. (Raymond Mc. Leond, 2008;18) informasi adalah data yang telah diproses atau diorganisasi ulang menjadi bentuk yang berarti. Informasi yang dibentuk dari kombinasi data yang diharapkan memiliki arti kepenerima, (Jeffry L. Whitten, Lonnmie D. Bently dan Kavin C. Dittman, 2004;23).
Dari defenisi di atas, dapat diartikan bahwa informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang penting bagi penerima. Informasi dapat dikelompokka menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut :
1.             Informasi strategis, yang digunakan mengambil keputusan jangka panjang, seperti informasi eksternal, rencana peluasan perusahaan dan lain-lain.
2.             Informasi taktis, yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan jangka menengah, seperti informasi trend penjualan yang dapat dimanfaatkan menyusun rencana penjualan.
3.             Informasi teknis, yang dibutuhkan untuk keperluan operasional sehari-hari seperti informasi persediaan barang, rector penjualan dan laporan kas harian. (Tata Sutabri, 2004;17).



3.1.3    Sistem Informasi


Sistem informasi terdiri dari kata, yaitu “sistem” dan “informasi”. Sistem yaitu sekumpulan objek yang bekerja bersama-sama untuk menghasilkan suatu kesatuan metode, prosedur, teknik yang digabungkan dan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi suatu kesatuan yang berfungsi untuk mencapai tujuan tertentu. Informasi yaitu data yang telah diolah,, dibentuk dan dimanipulasi menjadi sesuatu yang berarti dan sesuai dengan keperluan pengguna informasi yang bersangkutan serta dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan. Pengertian “Sistem” menurut para ahli, yaitu :
1.             Menurut Fathansyah (Basis Data, 2005; 2), sistem merupakan suatu tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satuan fungsi dan tugas khusus) yang saling berhubungan secara bersama-sama bertujuan memenuhi suatu proses atau pekerjaan.
2.             Menurut Gondodiyoto Sanyoto (Analisis Komputer, 2005;8), Informasi adalah hasil pengolahan data yang dapat berfungsi untuk suatu tujuan tertentu atau untuk analisa dan pengambilan keputusan.

Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi secara umum adalah suatu susunan yang sistematis dan teratur dari jaringan-jaringan aliran informasi yang saling berhubungan dalam prosedur pengolahan data yang dikembang dalam organisasi dengan maksud memberikan data kepada pengguna, baik data yang bersifat eksternal untuk dasar pengambilan dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Data merupakan kumpulan data mentah, angka-angka yang belum mempunyai arti berupa angka, huruf dan gambar. Data dapat diolah menjadi dasar objektif didalam proses pembuatan keputusan-keputusan atau kebijakan.
1.             Manusia (brainware) merupakan bagian utama dalam suatu sistem informasi.
2.             Perangkat lunak berupa sistem operasi, aplikasi, utilitas dan bahasa pemrograman.
3.             Perangkat keras berupa komputer, printer dan teknologi.
4.             Manipulasi prosedur bagian yang berisikan dokumentasi prosedur atau proses-proses yang terjadi dalam sistem.



3.1.4    Unsur-unsur Sistem Informasi


Sistem informasi mempunyai beberapa unsur, yaitu :
1.             Alat keluaran
2.             Telekomunikasi
3.             Data
4.             Alat masukan data
5.             Alat pengolahan data
6.             Alat terminal
7.             Prosedur, program, metode dan komunikasi
8.             Alat penyimpanan data



3.1.5    Karakteristik Sistem Informasi


Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu :
1.             Lingkungan Luar Sistem
Lingkungan luar sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem yang dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem tersebut.
2.             Masukan Sistem
Masukan sistem adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan dan masukan sinyal.
3.             Memiliki Batas Sistem (Broundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem tertentu.
4.             Keluar Sistem
Keluaran sistem merupakan sistem dari energy yang diolah dan diklasifikasikan yang menjadi keluaran yang berguna.
5.             Penghubung Sistem
Penghubung sistem (interface) merupakan media penghubung antar sub sistem yang satu dengan sub sistem yang lainnya.
6.             Pengolahan Sistem
Suatu sistem yang mempunyai suatu bagian pengolahan yang akan merubah masukan menjadi keluaran.



3.1.6    Sistem Informasi Absensi


Absensi ialah pola kebiasaan ketidakhadiran dari tugas atau kewajiban. Secara tradisional, ketidakhadiran telah dilihat sebagai indikator kinerja individu yang malas, serta pelanggaran kontrak implisit antara karyawan dan atasan, melainkan dilihat sebagai masalah manajemen, dan dibingkai dalam hal ekonomi atau kuasi-ekonomi. Sering tidak ada dari tempat kerja mungkin menunjukkan moral yang buruk atau sindrom malas masuk. Namun, banyak perusahaan telah menerapkan kebijakan tidak ada yang tidak membeda-bedakan absen untuk penyakit asli dan tidak adanya alasan yang tidak tepat. Salah satu kebijakan tersebut adalah perhitungan faktor, yang hanya membutuhkan jumlah dan frekuensi absen ke rekening, bukan jenis ketiadaan.
Banyak karyawan merasa wajib masuk kerja saat sakit, dan menularkan penyakit menular ke rekan kerja mereka. Hal ini menyebabkan ketidakhadiran yang lebih besar dan penurunan produktivitas antara pekerja lain yang mencoba untuk bekerja saat sakit. Angkata kerja sering alasan ketidakhadiran disebabkan oleh alasan medis jika pekerjaan memaksa catatan dokter atau bentuk lain dokumentasi. Kadang-kadang, orang memilih untuk tidak masuk kerja dan tidak menelpon di muka, yang dapat menemukan bisnis tidak profesional dan tidak pengertian. Ini disebut “tidak memanggil” atau “tidak menunjukkan”. Menurut Nelson & Cepat (2008) orang yang tidak puas dengan pekerjaan mereka tidak hadir lebih sering. Mereka melanjutkan dengan mengatakan bahwa jenis ketidakpuasan dengan pekerjaan itu sendiri. Model psikologis yang membahas ini adalah “penarikan model”, yang menganggap ketidakhadiran yang mewakili penarikan individu dari kondisi kerja yang tidak memuaskan. Ini memuaskan dukungan empiris dalam hubungan yang negatif antara ketidakhadiran dan kepuasaan kerja.



3.2       Sistem dan Perancangan Sistem

3.2.1        Analisa Sistem


Analisa sistem adalah penguraian suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian, komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan hambatan yang terjadi serta kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.



3.2.2   Perancangan Sistem


Setelah mendapatkan gambaran yang jelas apa yang dilakukan pada tahap Analisa sistem, tehap berikutnya adalah perancangan sistem. Perancangan sistem adalah proses menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan, menyangkut konfigurasi komponen hardware dan software dari sistem sehingga setelah instalasi akan benar-benar memuaskan user.
Menurut Adi Nugroho Analisa dan Desain Sistem Informasi 2005, perancangan sistem adalah strategi untuk memecahkan masalah dan mengembangkan solusi terbaik untuk masalah itu, perancangan sistem adalah termasuk bagaimana mengorganisasikan sistem kedalam sub-sub sistem ke komponen perangkat keras, perangkat lunak serta prosedur-prosedur.
Perancangan sistem dapat didefenisikan sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
Menurut Adi Nugroho Analisa dan Desain Sistem Informasi 2005;205. Dua perancangan sistem yaitu :
1.             Untuk memenuhi kebutuhan pemakai
2.             Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang banbgun yang lengkap kepada pemograman dan ahli-ahli teknik yang terlibat.



3.3       Alat Bantu Perancangan Sistem


Untuk menggambarkan sistem yang dianalisis, penulis menggunakan alat bantu perencangan sistem yang baku, berupa Sistem Flowchart, spesifikasi proses, dan bagian terstruktur serta format rancangan Input dan Output.
Adapun alat bantu yang digunakan dalam perancangan sistem atau pengembangan sistem digunakan dalam penelitian umumnya berupa gambaran atau diagram yang ada adalah sebagai berikut :



3.3.1    Flowchart


Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut. Flowchart menolong analisis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam mengalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya yang perlu dipelajari dan evaluasi lebih lanjut.


3.3.2    Pedoman Pembuatan Flowchart


Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
1.             Flowchrat digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
2.             Aktivitas yang digambarkan harus didefenisikan secara hati-hati dan defenisi ini harus dapat dimengerti oleh pembaca.
3.             Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4.             Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja.
5.             Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6.             Lingkup dan range dari aktivitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakkan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangan tidak berkaitan dengan sistem.
7.             Gunakan symbol-symbol flowchart yang standar / sederhana.



3.3.3    Flowchart Sistem


Flowchart sistem merupakan bagan yang menujukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedu-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem. Flowcahrt sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data itu. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online (dihubungkan langsung dari komputer) atau offline (tidak dihubungkan langsung dengan komputer), misalnya mesin tik, cash register dan kalkulator.
Symbol-symbol yang digunakan dalam bagian Aliran Sistem adalah sebagai berikut :

Tabel 3.1 Simbol Diagram Aliran Flowchart

No
Simbol
Keterangan
1
Beberapa tembusan dari komponen dan digambarkan dengan cara menumpukkan  symbol dokument dibagian depan sudut kanan atas.
2

Input dan output digunakan untuk mewakili data untuk menunjukan hasil dari suatu proses.
3

Symbol untuk output yang ditujukan kesatuan device, seperti printer dan sebagainya.
4

Suatu kondisi yang menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban pilihan.
5

Untuk menyatakan sekumpulan langkah proses yang ditulis sebagai prosedur.
6

Data Store merupakan symbol untuk menyimpan data.
7

Connector suatu prosedur akan masuk keluar melalui symbol ini dalam lembar yang sama.
8
Connection digunakan untuk menghubungkan satu symbol ke symbol yang lainnya.
9

Pita Magnetik menunjukkan input atau output menggunakan pita magnetic.
10

Offline Strong menunjukkan file non komputer yang diartikan urut tunggal.
11

Dokumen menunjukkan dokumen input dan output baik untuk proses manual, mekanik atau computer.
12


Discette Stronge menunjukkan input atau output yang menggunakan disket.

Sumber : Prof. Dr. Jogiyanto HM, MBA, Akt (2005). “Analisis dan Desain Komputer” penerbit Andi Yogyakarta.


3.3.4    Spesifikasi Proses


Untuk mendeskripsikan proses yagn terjadi pada level yang paling dasar dalam diagram arus data, spesifikasi secara jelas apa yang dilakukan ketika masukan di transformasikan menjadi keluar.



3.4       Format Rancangan Input/Output

3.4.1    Rancangan Input (Masukan)


Tujuan dari pada rancangan masukan adalah :
1.             Untuk mengekfetifkan biaya permasukan kata.
2.             Untuk mencapai keakuratan yang tinggi.
3.             Untuk menjamin pemasukan data dapat diterima dan dimengerti oleh pemakai.
Type input adalah sebagai berikut :
1.             Eksternal yaitu pada tipe ini pemasukan data berasal dari luar organisasi.
2.             Internal yaitu pemasukan data hasil komunikasi pemakaian dengan sistem .
3.             Operasional yaitu pemasukan data hasil komunikasi computer dengan sistem.
3.4.2        Rancangan Output (Keluaran)


Rancangan keluaran merupakan hasil yang tidak biasa diabadikan karena laporan atas keluaran yang dihasilkan harus memudahkan bagi setiap unsur manusia yang memerlukan.
Type output adalah sebagai berikut :
1.             Eksternal yaitu tujuan outputnya untuk informasi diluarkan organisasi pemakai
2.             Internal yaitu tujuan outputnya untuk lingkungan organisasi pemakai yaitu tujuan outputnya hanya untuk bagi komputer saja.


3.5              Perancangan Sistem Database


Tujuan utuma perancangan sistem database yaitu :
1.             Memiliki kemampuan untuk menyimpan seluruh data yang berguna seluruh database.
2.             Pengamanan terhadap isi dan pengguna data dapat diterapkan.


Unsur-unsur yang terdapat dalam basis data adalah :
1.             Enterprise adalah segala bentuk data sekretariat, setiap enterprise mungkin akan membutuhkan informasi tentang satu atau lebih fungsi.
2.             Entity adalah penyajian objek, kejadian atau konsep dari dunia nyata yang keberadaannya secara explicit didefenisikan dan disimpan dalam basis data.
3.             Atribut adalah dasar yang memberikan karakteristik terhadap entity tersebut.
4.             Data value yaitu data faktual atau informasi yang dibuat pada masing-masing elemen. Data elemen dapat berupa bilangan, huruf atau bentuk lainnya.





3.6       Model Database


Pada dasarnya kekuatan dan kelemahan dari model mencerminkan perbedaan filsofi menajemen database. Beberapa criteria dalam mengevaluasi model data :
1.             Kesederhanaan (Simplikasi)
2.             Pemodelan yang mendekati (Modeling Direction)
3.             Keluasan
4.             Kemampuan menganalisa
5.             Keistimewa Modeli (Modelingniqueness)
6.             Teknologi tidak bertentangan
7.             Dekat dasar teknologi.

Gagasan yang digunakan dalam sebuah model seharusnya dekat dengan basis perangkat keras dimana model ini akan di implementasikan. Model yang dikenal ada tiga yaitu :
1.             Dikembangkan berdasarkan konsep matematika dari hubungan dan kumpulan entity atau beberapa objek dari kumpulan tersebut. Model dan relasional menggunakan  table dua dimensi, kolom didalam tabel cocok untuk setiap atribut atau relatoinsip tipe dan baris (tuple) untuk setiap transaksi.
2.             Model Hirarki
Sering dikenal dengan Binary tree (Pohon Biner atau Binary Relasinship), merupakan jenis struktur tree yang terbaik dimana data akar (Root) mempunyai beberapa cabang.
3.             Jaringan (Network)
Suatu model dimana objek dihubungkan dengan beberapa objek lain yang lebih tinggi atau yang lebih rendah.




3.7              Langkah-Langkah Perancangan Database


Dalam perancangan database perlu diperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :
1.             Menentukan kebutuhan input dari sistem yang baru, input yang perlu direncanakan dapat ditentukan dari Flowchart (Diagram Alir) sistem yang dibuat.
2.             Menentukan parameter dari input setelah input-input yang akan dirancang telah dapat tentukan, maka parameter dari input selanjutnya juga ditentukan. Parameter ini juga meliputi :
a.              Bentuk dari input dan dokumen dasar
b.             Sumber input
c.              Volume input
d.             Periode input.
Tiga sasaran yang akan digunaka oleh seorang perancang model fisik dari database :
a.              Pengetahuan tentang fungsi-fungsi database manajemen sistem (DBMS)
b.             Memberikan tentang karakter pengaksesan
c.              Pengetahuan tentang aplikasi.



3.8       Database MySQL

1.             DDL (Data Defenition Language)
DDL merupakan kelompok perintah untuk mendefenisikan atribut-atribut database, table, atribut (kolom), batasan terhadap suatu atribut serta hubungan antar table. Yang termasuk kelompok DDL ini adalah :
a.              Create untuk menciptakan table ataupun indeks
b.             Alter untuk mengubah struktur table
c.              Drop untuk menghapus table ataupun indeks.


2.             DML (Data Manipulation Language)
DML merupakan kelompok perintah yang berfungsi untuk memanipulasi data. Misalnya, untuk pengambilan, penyisipan, pengubahan, dan penghapusan data. Yang termasuk DML adalah :
a.              Select memilih data
b.             Insert menambah data
c.              Delete menghapus data
d.             Update mengubah data.
3.             DCL (Data Control Language)
DCL merupakan berisi perintah-perintah untuk mengendalikan pengaksesan data. Yang termasuk DCL adalah :
a.              Grant memberikan kendali pada pengaksesan data
b.             Revoke mencabut kemampuan pengaksesan data
c.              Lock table untuk mengunci table.



3.9       Visual Basic Net 2008


Microsoft Visual Basic Net 2008 (VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Application (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat mengunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript dan Java.
Microsoft visual studio. Ner 2008 merupakan salah satu produk pengembangan aplikasi yang diproduksi oleh Micrososft, Microsoft Visual Studio. Net 2008 dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Web ASP, NET, XML, Web Services, aplikasi dekstop dan juga dapat dipilih untuk mengembangkan aplikasi. Tool-tool tersebut antara lain adalah Visual Basic, dan Visual C++. Tool-tool pada Visual Studio. net 2008 tersebut menggunakan IDE (Integrated Depelopment Environment) yang sama sehingga dapat saling berbagi pakai fasilitas dalam pengembangan aplikasi.
NET  yang awalnya disebut Next Generation Windows Services (NGWS) adalah suatu platform untuk membangun dan menjalankan generasi penerus aplikasi-aplikasi terdistribusi. Microsoft NET  merupakan framework (kerangka) pengembangan yang menyediakan antar muka pemrograman baru untuk layanan windows dan API (Application Programming Interface). Microsoft NET merupakan strategi Microsoft untuk menghubungkan sistem, informasi, dan alat (device), sehingga orang dapat berkomunikasi serta berkolaborasi dengan lebih efektif. Teknologi NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web Services Platform Microsoft.
NET  terdiri dari lima komponen utama tersusun dalam tiga lapisan (layer) yaitu :
a.              Visual Studio NET
Microsoft Visual Studio. NET merupakan kumpulan lengkap tools pengembangan untuk membangun aplikasi Web ASP NET, XML Web Services, aplikasi dekstop, dan aplikasi mobile. Di dalam visual studio inilah bahasa-bahasa pemrograman NET seperti Visual Basic, Visual C++, Visual C# (Csharp), dan Visual J# (Jsharp), semuanya menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi atau IDE yang sama sehingga memingkinkan untuk saling berbagai tools dan fasilitas.
b.             Visual Basic NET 2008
Visual Basic Net 2008 (VB.NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi NET  di platform Micrososft NET. Tidak seperti generasi sebelumnya Visual Basic versi 6.0 ke bawah yang lebih difokuskan untuk pengembangan aplikasi dekstop, Visual Basic NET  memungkinkan pengembangan membangun bermacam aplikasi, baik dekstop maupun aplikasi Web. Sering dengan perkembangan aplikasi pernagkat lunak yang semakin kompleks, saat ini Visual Basic NET  memasuki versi kelima (Visual Basic 2008).
c.              IDE Visual Basic
IDE (Integrated Development Environment), atau juga disebut sebagai Integrated Design/Debugging Environment, adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu pemrograman dalam mengembangkan perangkat lunak. Singkatnya, IDE merupakan suatu lingkungan pengembangan aplikasi yang terintegrasi lengkap dengan beragam tools atau utilitas pendukung. Visual Basic Net (VB NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi NET di platform microsoft NET. Tidak seperti generasi sebelumnya Visual Basic versi 6.0 ke bawah yang lebih difokuskan untuk pengembangan aplikasi dekstop, Visual Basic NET  memungkinkan para pengembang membangun bermacam aplikasi, baik dekstop maupun aplikasi Web. Sering dengan perkembangan aplikasi perangkat lunak yang semakin kompleks, saat ini Visual Basic NET  memasuki versi kelima (Visual Basic 2008).

Gambar 3.1 Tampilan Visual Studion.Net 2008
Sumber : Mesran, Diktat Perkuliahan Program Visual, Medan, 2013

Untuk membuat sebuah project baru Visual Studio. Net 2008 klik menu File/New/Project.

Gambar 3.2 Menu Project Baru
Sumber : Mesran, Diktat Perkuliahan Program Visual, Medan, 2013

Setelah itu akan muncul kota dialog New Project. Pada kota dialog New Project terdapat beberapa pilihan tool untuk pengembangan aplikasi, seperti Visual Basic, Visual C++, pilih nama project yang akan dibuat pada bagian Name dan direktori tempat mentimpah project pada bagian location.

Gambar 3.3 Kotak Dialog Project Baru
Sumber : Mesran, Diktat Perkuliahan Programan Visual, Medan, 2013

            Klik OK pada kota dialog New Project tersebut. Selanjutnya muncul Visual Basic IDE tempat untuk membangun aplikasi Visual Basic. Net 2008

Gambar 3.4 IDE Visual Studio. Net 2008
Sumber : Mesran, Diktat Perkuliah Programan Visual, Medan, 2013
Gambar 3.5 IDE Visual Studio. Net 2008
Sumber : Mesran, Diktat Perkuliahan Programan Visual, Medan, 2013

Pada Project Visual Basic. Net untuk Windows Aplikation secara default telah terdapat sebuah form. Yang bernama Form 1. Pada Form inilah tempat untuk melakukan kontrol-kontrol atau komponen-komponen untuk membuat sebuah aplikasi Windows. Form dan kontrol-kontrol dari program aplikasi inilah yang biasanya disebut dengan GUI (Graphical User Interface) atau antar muka dari program. Jadi user akan berinteraksi dengan sebuah program aplikasi melalui GUI. Pada IDE Visual Basic. Net 2008 terdapat menu, Toolbar, Toolbox, Server Explorer, Solution Explorer dan Project Windows.
Toolbox adalah tempat dimana kontrol-kontrol dan komponen-komponen diletakkan. Untuk membuat objek kontrol dan komponen pada form program aplikasi diambil dari kontrol-kontrol yang ada pada Toolbox. Seperti dibawah ini :
a.                  Pointer bukan merupakan suatu kontrol, icon yang digunakan ketika ingin memilih kontrol yang sudah ada pada form.
b.                  Button merupakan control yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
c.                  CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.
d.                  ComboBox merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukan data dapat dilakukan dengan pengetikan maupun pemilihan.
e.                   Laber adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan text yang tidak dapat diperbaiki oleh user.
f.                   ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada Property Multiselect).
g.                  Radio Button sering digunakan lebih dari satu sebagai pilhan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih.
h.                  TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
i.                    GroupBox adalah kontrol yang digunakan sebagai container bagi kontrol lainnya.
BAB IV
ANALISA DAN PEMBAHASAN




4.1       Analisis Sistem Yang Sedang Berjalan


Berdasarkan hasil pengamatan penulis secara langsung sistem informasi pengolahan data absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara, untuk efisien kerja dan waktu, maka sistem informasi pada saat ini yang sebagian kurang maksimal dalam pemakaian computer dan programmer aplikasi. Khususnya dalam pengolahan data absensi, yaitu dengan mengaplikasikan Microsoft Excel sebagai input data absensi. Untuk itu agar bermanfaat harus dikelolah dalam sebuah database. Sistem manajemen database merupakan suatu pengorganisasian dan pengolahan data absensi pada sistem komputer.



4.2       Aplikasi Yang Sedang Berjalan


1.                  Input Data Absensi

Mengisi absensi adalah kewajiban yang ditetapkan untuk kepentingan bersama dalam prokdutifitas kerja dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Hal ini terdampak dalam hasil yang maksimal dalam kinerja sebagai secretariat yang penuh dengan tanggung jawab yang besar. Untuk itulah sistem informasi data absensi yang dikembangkan menjadi sebuah aplikasi agar setiap secretariat dapat mengisi data kehadiran dengan tepat waktu dan penuh tanggung jawab yang dibebankan.
Adapun cara sekretarian BPP SUMUT mengimputkan data kehadiran sebagai berikut :
a.         Pengimputan Nama
b.        Pengimputan NIP
c.         Pengimputan Jabatan
d.        Pengimputan Jam Masuk
e.         Pengimputan Jam Keluar
f.         Paraf atau Check List
g.        Keterangan (“Hadir, Tidak Hadir, Izin, Sakit”).

2.                  Output Data Absensi

Output merupakan hasil akhir dari proses pengimputan data absensi yang akan dijadikan informasi yang bernilai untuk setiap sekretariat yang benar-benar maksimal dalam kinerjanya. Untuk itu setiap sekretariat dalam produktifitas kerjanya selalu tepat waktu dalam hal apapun terutama dalam masalah kehadiran.


4.3       Analisa Pengolahan Data Absensi Pegawai Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara
           

Sistem informasi data absensi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara merupakan sistem yang digunakan untuk mengindari terjadinya manipulasi data hadiran. Hal ini terdampak pada Produktifitas kerja sekretariat dan kejujuran dalam menentukan hasil kinerja. Jika secretariat mempunyai tanggung jawab atas kehadiran dan tanggung jawab dalam kinerjanya maka dalam waktu tertentu akan terlihat mana sekretariat yang aktif maupun pasif.
Pengolahan data diawali dari tahap pendataan identitas secretariat yang bekerja pada bagian-bagian tertentu dan disesuaikan dengan Nama, Nip, dan Jabatan. Setelah data diperoleh maka dibuatlah sebuah Form aplikasi yang dirancang menggunakan Microsoft Excel 2007. Setelah Form dibuat maka ditetapkan Form aplikasi tersebut sebagai alat input data kehadiran secretariat setiap hari kerja. Uraian diatas merupakan sistem yang sedang berjalan hingga saat ini.
Setelah data di input maka hasil akhir adalah berbentuk sheet-sheet yang akan ditanggung jawab oleh Kepala Bagian Umum dan dicetak setiap hari dalam lembaran absensi dengan bentuk tabel-tabel sesuai data identitas secretariat. Selanjutnya pengarsipan dari semua data kehadiran dan ditanda tangani oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara yang merupakan Kepala Bagian tertinggi dari secretariat.
Adapun susunan tanggung jawab kepengurusan dari data absensi hingga sampai ke Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara dapat digambarkan dalam Flowmap (Diagram Bagan) sistem Informasi Data Absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Dibawah ini adalah gambar kepengurusan data Absensi.



4.3.1    Sistem Informasi Pengolahan Data Absensi Yang Sedang Berjalan


Sistem Informasi Data Absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara merupakan sistem yang digunakan untuk mengindari terjadinya manipulasi data kehadiran. Hal ini terdampak pada Produktifitas Kerja Sekretariat dan kejujuran dalam menentikan hasil kinerja. Jika secretariat mempunyai tanggung jawab atas kehadiran dan tanggung jawab dalam kinerjanya maka dalam waktu tertentu akan terlihat nama sekretariat yang aktif maupun pasif.
Pengolahan data diawali dari tahap pendataan identitas secretariat yang bekerja pada bagian-bagian tertentu dan disesuaikan dengan Nama, Nip, dan Jabatan. Setelah data diperoleh maka dibuatlah sebuah Form aplikasi yang dirancang menggunakan Microsoft Excel 2007. Setelah Form dibuat maka ditetapkan Form aplikasi tersebut sebagai alat input data kehadiran secretariat setiap hari kerja. Uraian diatas merupakan sistem yang sedang berjalan hingga saat ini.

Setelah data di input maka hasil akhir adalah berbentuk sheet-sheet yang akan ditanggung jawab oleh Kepala Bagian Umum dan dicetak setiap hari dalam lembaran absensi dengan bentuk tabel-tabel sesuai data identitas secretariat. Selanjutnya pengarsipan dari semua data kehadiran dan ditanda tangani oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara yang merupakan Kepala Bagian tertinggi dari secretariat.
Adapun susunan tanggung jawab kepengurusan dari data absensi hingga sampai ke Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara dapat digambarkan dalam Flowmap (Diagram Bagan) sistem Informasi Data Absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Dibawah ini adalah gambar kepengurusan data Absensi:
1.             Pegawai merupakan bagian dari Badan Penelitian dan Pengembangan yang memiliki tanggung jawab tersendiri untuk data pegawai termasuk datanya sendiri agar diserahkan kepadaTata Usaha yang ditempatkan pada bagianu umum.
2.             Tata Usaha merupakan tempat dimana Data Pegawai tersebut diterima dan di olah menjadi Absensi dalam bentuk penggandaan agar dapat saat data diperlukan dapat diambil dalam arsip penyimpanan.
3.             Tata Usaha menyerahkan data absensi berupa Laporan di Badan Penelitian dan Pengembangan agar diperiksa kembali dan menandatangani Laporan tersebut, inilah tahapan pengolahan data.










Tabel 4.1 Flowmap Sistem Pengolahan Data Absensi Badan Penelitian dan Pengembangan

Pegawai
Tata Usaha
Badan Peneliti dan Pengembangan
Flowchart: Document: Data  Absensi


Flowchart: Document: Diterima Pegawai
Flowchart: Document: Data  Absensi


































Trapezoid: Menanda
Tangani Data Absensi
Flowchart: Document: Laporan Data Absensi

            Sumber : Jogianto “ Analisa Desain Sistem Informasi”, Andi Yogyakarta
4.4       Kelemahan dan Keuntungan Sistem Informasi Data Absensi

4.4.1    Kelemahan Sistem


Sistem informasi data absensi Badan Peneliti dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara merupakan terapan yang dijalankan melalui sebuah aplikasi sederhana yang dimanfaatkan untuk mengisi data kehadiran setiap harinya. Namun sistem ini masih minim dalam pemakaian karena aplikasi tidak ditempatkan pada masing-masing secretariat. Akibatnya sistem menjadi lambat dan menyita waktu hanya untuk mengisi Absensi ke Kabag Umum. Jika adanya server dan koneksi jaringan local maka akan lebih maksimal dan keamanan data terjamin karena adanya password masing-masing secretariat. Namun kurangnya bagian yang mempunyai pengetahuan dibidang Teknologi Informasi maka aplikasi tetap dipakai hingga saat ini.   
Untuk itu penulis melakukan penelitian dan mengambil kesimpulan dari permasalahan agar adanya pengembangan bagi sekretariat dalam kompetensi untuk meningkatkan pengetahuan bukan hanya menggunakan akan tetapi juga harus dapat mengimplementasikan ilmunya jika mempunyai basic bidang Teknologi Informasi khususnya programer. Dan biasanya juga membayar ahli diluar Instalasi untuk membantu keamanan data tersebut.



4.4.2    Keuntungan Sistem


Sistem informasi data absensi ini mempunyai keuntungan karena mengurangi lambatnya kinerja yang terus menerus melakukan sistem manual walaupun berasal dari hasil format yang dibuat melalui computer berbentuk lembaran biasanya cara kerja ditulis tangan saat mengisi jam masuk dan paraf. Jika terus menerus seperti ini maka data kehadiran akan hilang dan lembaran tidak tersusun dalam pengarsipan sesuai tanggal, bulan maupun tahun. Yang berakibat pada saat data yang diperlukan tidak ditemukan. Dari sistem informasi ini secretariat dipermudah dalam computer melalui program aplikasi yang dirancang sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 yang didedikasikan  sebagai aplikasi untuk data kehadiran setiap hari kerja.


4.5       Pengusulan Perancangan Sistem Informasi Yang Baru


Pengusulan dilakukan untuk memperbaharui sistem informasi data absensi dari sistem informasi yang masih berjalan di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Microsoft Visual Basic 2008 diusulkan untuk keamanan data dan validasi terhadap penyimpanan data absensi sesuai dengan data Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.


                           
4.6       Metode Perancangan Sistem Informasi Data Yang Baru

1.             Perancang Database
Database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan, dimana data tersebut ditampung dalam table. Pembangunan sistem informasi sangat bertumpu pada kualitas database yang di desain. Dimana database tersebut diharapkan Efektif, Fleksibel, dan Efisien.
2.             Perancangan Proses
Perancangan proses merupakan rancangan yang disimpan dalam Mysql database/DBMS dan dimodelkan dalam Flowchart (Diagram Alir) dan DFD (Data Flow Diagram). Perancangan proses dimulai dengan Mysql database. Dan menjelaskan bagaimana bagaimana sistem informasi yang akan dijalankan.



4.7                   Pemecahan Masalah


Berdasarkan analisis permasalahan diatas mencoba mengajukan gagasan sistem yang dapat mengeurangi kendala atau permasalahan yang dihadapi oleh Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara dalam keamanan data dan valisi dengan melalui penerapan komputerisasi. Dalam hal ini penulis mencoba membuat program Microsoft Visual Basic 2008 yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam pengalaman data absensi dan terhindar dari manipulasi data absensi.

4.8       Perancangan Database di Badan Penelitian dan Pengembangan dengan  MySQL


Perancangan database harus dilakukan secara cermat agar hasil database yang efesien dalam penggunaan ruang penyimpanan, dari aplikasi Microsoft Visual Studio 2008. Dengan cepat dalam pengaksesan dan mudah dalam pengambilan data kembali pada saat diperlukan. Untuk itu database MySQL ini dirancang agar pada saat data di input maka akan tersimpan secara otomatis saat penekanan tombol save pada aplikasi yang akan digambarkan dalam bentuk drawing untuk perancangan Microsoft Visual Basic 2008 yang diusulkan sebagai Aplikasi Data Absensi. Dibawah ini merupakan DFD pengolahan data absensi untuk kepengurusan dalam pengimplentasikan hingga menjadi sebuah aplikasi yang akan dibahas pada poin berikutnya.

4.8.1  DFD Pengolahan Data Absensi Yang Sedang Berjalan

Tata Usaha
 
Pegawai
 
Absensi


 
                                                                                      Memeriksa Data
Oval: Sistem Informasi Data Absensi                             Data Pegawai









 





Gambar 4.1 Konteks Diagram Pengolahan
Kerangan DFD pengolahan data dari alur kemana saja data absensi diproses hingga sampai kepada Kepala BPP Provinsi Sumatera Utara :
1.             Pegawai merupakan bagian dari BPP Provinsi Sumatera Utara yang memiliki tanggung jawab tersendiri untuk data pegawai termasuk datanya sendiri agar diserahkan kepadaTata Usaha yang bertempat pada Bagian Umum.
2.             Tata Usaha merupakan tempat dimana data pegawai tersebut diterima dan diolah menjadi absensi pegawai keseluruhan. Tata Usaha memeriksa dan merekap ulang data absensi dalam arsip penyimpanan.
3.             Tata Usaha menyerahkan dan menandatangani laporan tersebut, inilah tahapan pengolahan data tersebut.


4.8.2    DFD Pengolahan Data Absensi Yang Sedang Berjalan








 






                                    Data Absensi


 
                                                     Data Absensi  
Oval: Laporan Data Absensi                                               



 



Gambar 4.2 Konteks Diagram Pengolahan
Keterangan :
1.             Pegawai menginput data kedalam sistem computer setelah di inputkan selanjutnya data pegawai disimpan. Selanjutnya pegawai menginputkan data absensi dan menyimpan kedalam database.
2.             Lalu diserahkan pada Tata Usaha. Setelah diproses data pegawai dijadikan dalam bentuk absensi. Data absensi disimpan kembali database.
3.             Lalu data tersebut di implementasikan dalam bentuk laporan dan diserahkan kepada Kepala BPP Provinsi Sumatera Utara dan memutuskan data itu valid dari menandatangani data absensi tersebut.


4.8.3    Tampilan Database MySQL BPP Provinsi Sumatera Utara


MySQL merupakan media untuk menyimpan data absensi, dan mengambil/memanggil kembali data yang telah di input melalui sebuah aplikasi yang telah di usulkan yaitu Visual Studio 2008. Dibawah ini adalah database mysql :

Tabel 4.2 Data Absensi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara

Field Name
Type Data
Null
Default
Extra
Nama
Varchar (10)
Yes
Null

NIP
Char (10)
Yes
Null

Jabatan
Varchar (35)
Yes
Null

Jam Masuk
Date Time
Yes
Null

Keterangan
Varchar (10)
Yes
Null





4.9       Perancaang Proses


Perancangan proses merupakan sistem informasi yang akan diterapkan untuk pengusulan pada instalasi sebuah aplikasi baru yang dimanfaatkan dengan Microsoft Visual Basic 2008 dengan tahapan-tahapan serta alur kerja yang akan dijelaskan bagaimana cara penggunaan, penyimpanan dan pengolahan secara terpelincir agar nantinya dapat bermanfaat pada instalasi Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara untuk kedepannya. Untuk itu diawali dari perbuatan aplikasi dengan model dan penjelasan melalui data flow diagram (DFD). Adapun perancangan proses aplikasi dapat digambarkan sebagai berikut :


 




List Data Absensi
 
Diamond: Input DataFlowchart: Connector: A
Form Menu Utama
 
Oval: End
Menu Utama
 
           






Y
 


T
 
 









Gambar 4.3 Flowchart Perancangan Menu Aplikasi


4.10     Perancngan Menu Utama Input Login

4.10.1 Masukkan NIP
           

Nip merupakan entitas utama pengganti dari Nama pegawai Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Karena jika Nama dijadikan Primary Key maka akan terjadinya kesalahan dalam penyimpanan data kedalam database mysql. Karena Nama mungkin banyak yang sama untuk menghindari kesalahan data maka NIP yang dijadikan Primary Key.


4.10.2  Masukan Password


Password merupakan entitas kedua untuk mengamankan Login masing-masing pegawai di Kantor Bada Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara agar terhindar dari penggandaan pengguna dan penyelewengan/manipulasi data yang bisa jadi diganti oleh pihak yang tidak berwewenang, untuk itulah password dimanfaatkan bagi setiap penggunanya.

 









Gambar 4.4 Input Login


Keterangan :
1.             Menggunakan tombol TextBox untuk menginput data user name
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
2.             Menggunakan tombol TextBox untuk penginputan password
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
3.             Menggunakan tombol Button untuk Batal supaya untuk mengulang pengetikan password yang salah.
Button merupakan control yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
4.             Menggunakan tombol Button untuk OK supaya proses input data berhasil Button merupakan control yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.


4.11     Menu Utama
 







Gambar 4.5 Menu Utama





4.12     Menu Utama Data Pegawai

 













Gambar 4.6 Input data Absensi

Keterangan :

1.             Menggunakan tombol ComboBox untuk menginput NIP pegawai BPP ComboBox  merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox.
2.             Menggunakan tombol TextBox untuk Nama pegawai BPP
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
3.             Menggunakan tombol TextBox untuk Jabatan pegawai BPP
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
4.             Menggunakan tombol TextBox untuk Jam Masuk kerja pegawai BPP
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
5.             Menggunakan tombol ComboBox untuk Keterangan jam masuk pegawai BPP ComboBox  merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox.
6.             Menggunakan tombol ListBox untuk Data Pegawai 
ListBox  mengandung sejumlah item, dan user  dapat memilih lebih dari satu.
7.             Menggunakan tombol Button untuk Baru penginputan data pegawai BPP
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
8.             Menggunakan tombol Button untuk data Simpan
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
9.             Menggunakan tombol Button untuk data Edit
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
10.         Menggunakan tombol Button untuk data Hapus
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
11.         Menggunakan tombol Button untuk data Batal
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
12.         Menggunakan tombol Button untuk data Keluar
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.









4.12.1    Form Pengisian Data Absensi


Spesifikasi masukan (input) data pegawai :
1.             Listview (data pegawai) yaitu table penyimpanan sementara
2.             2 ComboBox yaitu pengisian NIP BPP Provinsi Sumatera Utara
3.             3 TextBox pengisian Data BPP Provinsi Sumatera Utara
4.             8  Button yaitu Baru, Simpan, Edit, Hapus, Batal, Keluar, Maju, Mundur.


4.13     Menu Form Input Data Absensi Pegawai

 













Gambar 4.7 Input data Absensi
Keterangan :
1.             Menggunakan tombol ComboBox untuk menginput NIP pegawai BPP ComboBox  merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox.
2.             Menggunakan tombol TextBox untuk Nama pegawai BPP
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
3.             Menggunakan tombol TextBox untuk Jabatan pegawai BPP
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
4.             Menggunakan tombol TextBox untuk Jam Masuk kerja pegawai BPP
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh user, dapat berupa satu baris tunggal atau baris banyak.
5.             Menggunakan tombol ComboBox untuk Keterangan jam masuk pegawai BPP ComboBox  merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox.
6.             Menggunakan tombol ListBox untuk Data Pegawai 
ListBox  mengandung sejumlah item, dan user  dapat memilih lebih dari satu.
7.             Menggunakan tombol Button untuk Baru penginputan data pegawai BPP
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
8.             Menggunakan tombol Button untuk data Simpan
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
9.             Menggunakan tombol Button untuk data Edit
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
10.         Menggunakan tombol Button untuk data Hapus
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
11.         Menggunakan tombol Button untuk data Batal
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
12.         Menggunakan tombol Button untuk data Keluar
Button merupakan kontrol yang digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu.
4.13.1  Form Pengisian Data Absensi


Spesifikasi masukan (input) data pegawai :
1.             Listview (data pegawai) yaitu table penyimpanan sementara
2.             2 ComboBox yaitu pengisian NIP BPP Provinsi Sumatera Utara
3.             3 TextBox pengisian Data BPP Provinsi Sumatera Utara
4.             8  Button yaitu Baru, Simpan, Edit, Hapus, Batal, Keluar, Maju, Mundur.



4.14     Laporan Data Kehadiran

NIP
Nama
Jabatan
Jam Masuk
xxxxxxxx
xxxxxxxx
Xxxxxxxx
Xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx

Gambar 4.8 Laporan Data Kehadiran



4.15     Laporan Data Jam Pulang Pegawai

NIP
Nama
Jabatan
Jam Masuk
Ket
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx

xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx
xxxxxxxx


Gambar 4.9 Laporan Data Jam Pulang Pegawai






Flowchart Pengisian Data Absensi


 













Gambar 4.10 Flowchart Pengisian Data Absensi
BAB V
PENUTUP




5.1       Kesimpulan


Berdasarkan hasil pengujian dan analisa yang telah dilakukan dapat memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.             Micrososft Visual Studio 2008 dan Database MySQL yang diusulkan unntuk membantu kinerja secara maksimal sebagai Sistem Informasi Data Absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
2.             Optimasi digunakan pada awal konfigurasi, dikatakan sebagai tepat guna karena dapat melakukan penginputan Data Absensi di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.
3.             Aplikasi Microsoft Visual Basic 2008 berguna untuk mempercepat penginputan, pemrosesan dan penyimpanan ke database MySQL hingga outputnya menjadi lebih valid ketika dibutuhkan saat mengambil kembali data tersebut.



5.2       Kritik dan Saran


Selama melaksanakan Kerja Praktek di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan terhitung dari tanggal 27 Januari – 27 Februari 2014, penulis telah mengamati dan mempelajari beberapa hal, sehingga penulis berkeinginan untuk menyampaikan Kritik dan Saran yang dapat penulis berikan demi peningkatan kualitas dimasa yang akan datang adalah :
1.             Meningkatkan hubungan kerja sama yang sudah terjalin antara Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara dengan STMIK Budidarma Medan, sehingga diharapkan dapat saling menunjang kemajuan antara kedua belah pihak dimasa akan datang.
2.             Lebih meningkatkan kualitas SDM sehingga penelitian yang dihasilkan dapat memberi manfaat yang besar terhadap masyarakat.
3.             Penulis sebagai mahasiswa STMIK Budidarma Medan mengharapkan agar terus memberikan kesempatan untuk melakukan Kerja Praktek atau penelitian di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Dengan harapan dapat menerapkan sistem informasi yang baru dengan sebuah aplikasi.
DAFTAR PUSTAKA



1.    Gondodiyoto Sanyoto, “Analisis dan Desain Komputer”, 2005; 8
2.    Tata Sutabri, “Diagram Alir, DFD, Flowchart, Flowmap Sistem Informasi ”, 2004; 17
3.    Fathansyah, “Basis Data”, 2005; 2
4.    Jeffry L. Whitten, Lonnmie D. Bently dan Kavin C. Dittman, “Analisis Sistem Informasi dan Perancangan Sistem”, 2004; 23
5.    Raymond Mc. Leond, “Pengertian Sistem”, 2001; 18
6.    Joseph W. WILKISON, “Pengertian Informasi”, 2000; 4
7.    Davis “Management Information System”, 2003;1
8.    Web Site : http://balitbang.sumutprov.go.oid

   
Laporan Kerja Praktek

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI KEPEGAWAIAN
PADA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PROVINSI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN
VISUAL BASIC NET 2008


Disusun Sebagai Syarat Untuk Menyusun Skripsi Pada
Program Studi Strata 1 Teknik Informatika



Oleh :
SATUKAN HALAWA
NPM : 1111223



STMIK.jpg



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
STMIK BUDIDARMA MEDAN
 2014
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI KEPEGAWAIAN
PADA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PROVINSI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN
VISUAL BASIC NET 2008


Disusun Sebagai Syarat Untuk Menyusun Skripsi Pada
Program Studi Strata 1 Teknik Informatika STMIK Budidarma Medan


Yang Dipersiapkan dan Disusun Oleh :

SATUKAN HALAWA
NPM : 1111223


Medan,      Mei 2014

STMIK Budidarma Medan                           Badan Penelitian dan Pengembangan
Pembimbing                                                   Pembimbing



Rivalry K. Hondro, S.Kom, M.Kom          Deli Yanto, S.Kom
NIDN :                                                          Jabatan : Kasubbag Program


Diketahui oleh
Ketua Program Studi Teknik Informatika
STMIK Budidarma Medan




Sinar Sinurat, ST, M.Kom
NIDN : 0317086703
Proposal Kerja Praktek


PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI KEPEGAWAIAN
PADA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PROVINSI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN
VISUAL BASIC NET 2008





Oleh :
SATUKAN HALAWA
NPM : 1111223



STMIK.jpg



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
STMIK BUDIDARMA MEDAN
 2014
       





     




















f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
Satukan Halawa (Sat Hal)
Rabu, Maret 18, 2015

Belum ada komentar untuk "Laporan KP Saya"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Find Us :


Entri Populer

  • Konversi Bilangan Decimal, Biner, Hexa, Oktal dengan PHP
    Masih seputar tentang konversi bilangan, disini saya akan menjelaskan tentang konversi bilangan dengan menggunakan PHP dan tidak sel...
  • Laporan KP Saya
    ABSTRAK Perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang Teknologi Informasi yang semakin meningkat perkembangan dari tahun ...

Sahabat Blog

Rivalry Hondro
Tonni Limbong
Zekson A. Matondang
CIFOR
Yeni Anggraini
Halawa
Share
Get this
FC BARCELONA
JUDUL SKRIPSI
Satukan Halawa
Mindo M. Sitinjak
Copyright 2013 Satukan Halawa - All Rights Reserved
Template by Mas Sugeng - Powered by Blogger